الثلاثاء، نوفمبر 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :  MTs. MATHLA’UL ANWAR
Mata Pelajaran            :  Prakarya
Aspek                          :  Kerajinan
Kelas/Semester            :  VIII/1 ( satu )
Materi Pokok              :  Kerajinan
Alokasi Waktu            :  4 Pertemuan (8 Jam)

A.      Kompotensi Inti
KI.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
KI.2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
KI.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
KI.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.
Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan  yang buatan kreatif dan inovatif.
3.2.1

3.2.2

3.2.3

3.2.4

3.2.5

3.2.6

Memahami proses dan teknik pembuatan kerajinan limbah bahan buatan.
Mempraktekkan pengolahan bahan  buatan yang ada dilingkungan sekitar.
Mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan buatan.
Mengidentifikasi teknik pembuatan kerajinan dari bahan buatan
Membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan.
Membuat kerajinan dari bahan buatan sesuai dengan rancangan
4.2.
Perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat setempat
4.2.1

4.2.2

4.2.3

4.2.4


4.2.5


Membuat produk kerajinan bahan  buatan.
Membuat produk kerajinan bahan Limbah buatan dengan teknik yang dikuasainya.
Melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan buatan.
Membuat rancangan kemasan sesuai dengan produk kerajinan bahan buatan.
Membuat kemasan produk kerajinan bahan buatan sesuai hasil rancangannya dengan jujur dan tanggung jawab.
Mengomunikasikan hasil produk kerajinan bahan buatan yang dibuatnya
*  Nilai karakter: Religius, Mandiri, Gotong Royong, Integritas, Nasionalis

C.    Tujuan Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
1.      Siswa memahami proses dan teknik pembuatan kerajinan limbah bahan buatan melalui membaca buku siswa secara tepat
2.      Siswa mempraktekkan pengolahan bahan buatan yang ada dilingkungan sekitar setelah memperhatikan demonstrasi pengolahan bahan buatan secara tepat dan benar

Pertemuan Kedua
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Siswa mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan secara tepat
2.      Siswa mengidentifikasi teknik pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan melalui pengamatan beberapa produk kerajinan dari bahan Limbah buatan secara benar
3.      Siswa membuat rancangan sebuah produk kerajinan dari bahan Limbah buatan berdasarkan pengetahuan yang telah dimilikinya secara benar
4.      Siswa membuat kerajinan dari bahan Limbah buatan sesuai dengan rancangan yang telah dibuatnya secara benar dan gotong royong


Pertemuan Ketiga
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Siswa membuat produk kerajinan bahan Limbah buatan dengan mengikuti persyaratan perancangan, dan prosedur pembuatan produk kerajinan secara tepat
2.      Siswa membuat produk kerajinan bahan Limbah buatan dengan teknik yang dikuasainya, jujur dan tanggung jawab dalam berkarya secara benar dan gotong royong


Pertemuan Keempat
Melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.      Siswa melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan Limbah buatan yang dibuatnya secara benar
2.      Siswa membuat rancangan kemasan sesuai dengan produk kerajinan bahan Limbah buatan yang dibuatnya berdasarkan hasil pengamatan berbagai produk kemasan secara benar
3.      Siswa membuat kemasan produk kerajinan bahan Limbah buatan sesuai hasil rancangannya dengan jujur dan tanggung jawab secara tepat dan benar
4.      Siswa mengomunikasikan hasil produk kerajinan bahan Limbah buatan yang dibuatnya dan berani menerima masukkan/kritikan dari guru dan teman sebagai bahan perbaikan secara jelas dan komunikatif



D.      Materi Pembelajaran
Materi Reguler
1.      Proses dan teknik pembuatan kerajinan limbah bahan Limbah buatan,
2.      Praktik pengolahan bahan Limbah buatan yang ada dilingkungan sekitar
3.      Teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan
4.      Indentifikasi teknik pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan
5.      Membuat rancangan dari bahan Limbah
6.      Membuat kerajinan dari bahan Limbah buatan sesuai dengan rancangan.
7.      Melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan Limbah buatan.
8.      Membuat rancangan kemasan kerajinan bahan Limbah buatan.
9.      Membuat kemasan produk kerajinan bahan Limbah buatan.
    



Materi Pengayaan
Materi pengayaan berupa materi regular kerajinan pada bidang pembuatan kerajinan bahan Limbah buatan.

Materi Remedial
a.     Pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan
b.    Prinsip dalam pembuatan dari bahan Limbah buatan

E.       Metode Pembelajaran
Model           : Projek Based Learning ( PjBL )
Metode         : Ceramah, tanya jawab, diskusi

F.       Media, Bahan dan Alat
1.     Media
1.1     Video jenis-jenis bahan buatan serta cara pembuatannya;
1.2     Contoh beberapa produk olahan dari bahan buatan.
2.      Bahan
a.       Gunting
b.      Kain flannel
c.       Benang wol
d.      Lem tembak
e.       Pensil

G.      Sumber Belajar
a.    Kemdikbud. 2017. Buku Guru Prakarya SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kemdikbud RI.
b.    youtube
c.    https://prakarya-indramayu.blogspot.com














H.      Langkah - Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2JP)
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru mengucapkan salam peserta didik menjawab salam khas sekolah.
2.        Guru mengecek kehadiran peserta didik.
3.        Peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
4.        Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan bahan Limbah buatan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik.
5.        Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan materi pembelajaran untuk pertemuan kelima yaitu tentang memahami proses dan teknik pembuatan kerajinan limbah bahan Limbah buatan, mempraktekkan pengolahan bahan Limbah buatan.
6.        Guru menjelaskan aktifitas pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran Projek.  (meta kognitif)
7.        Guru mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif  tentang bahan Limbah alam, sebagai upaya mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya: “Anak-anak siapakah diantara kalian yang tahu tentang proses dan teknik pembuatan kerajinan limbah bahan Limbah buatan? Kerajinan bahan Limbah buatan apa saja yang kalian sukai? Anak-anak, topik belajar kita adalah tentang pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan.
8.        Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang kerajinan yang terbuat dari bahan alam.
9.        Guru memfasilitasi peserta didik untuk dapat memprediksi jenis kerajinan bahan Limbah buatan.
10 Menit
Kegiatan Inti
Langkah 1:
Penentuan Proyek


Peserta didik menyimak video yang ditampilkan oleh guru pada Proyektor
Peserta didik dengan panduan guru membuat kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 peserta didik) dengan mempertimbangkan karakteristik dan heterogenitas peserta didik.
60 menit
Langkah 2:
Membuat karya berdasarkan kelompok
Guru meminta peserta didik untuk membuat karya menggunakan bahan yang telah di sediakan oleh guru.
Setiap kelompok membuat karya minimal 1 buah.
Peserta didik mengerjakan tugas dari guru.



Langkah 3:
Proses pembuatan

Peserta didik membuat project bersama dengan anggota kelompok. Guru memperhatikan sikap dan kerja sama setiap kelompok. Lalu mengevaluasi kerja sama setiap kelompok dan cara siswa presentasikan hasil kerja kelompoknya.

Kegiatan Penutup

1.   Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mencari referensi tentang kerajinan bahan Limbah buatan dari berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual kerajnan bahan Limbah buatan atau melalui browsing internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
2.   Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang mengamati jenis dan karakteristk bahan Limbah buatan yang akan dibuat.
3.   Membaca do’a dan mengkondisikan kelas ke semula.
4.   Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
10 menit


Pertemuan Kedua (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.    Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca Al-Qur’an.
3.    Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.    Guru menanyakan apakah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya, yakni mencari referensi tentang produk kerajinan bahan Limbah. Hasil tugas tersebut dipergunakan oleh peserta didik sebagai referensi untuk merencanakan pembuatan kerajinan yang terbuat dari bahan Limbah alam.
5.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan bahan Limbah dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik.
6.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang  cakupan kompetensi untuk pertemuan keenam tentang mengamati teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan, teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan.
7.    Guru menjelaskan lingkup penilaian yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran (sikap, pengetahuan dan keterampilan).
8.    Guru menjelaskan aktifitas pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pembelajaran Projek.
9.    Guru mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilik peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif  tentang teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan, sebagai upaya mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya: “Anak-anak siapa yang bisa menyebutkan teknik dasar pembuatan kerajinan kerajinan bahan Limbah buatan? Anak-anak, topik belajar kita adalah tentang pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan?
10.     Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang aneka kerajinan yang terbuat dari bahan Limbah buatan.
11.     Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
8 menit

Kegiatan Inti















Peserta didik membat kelompok dan mengerjakan tgas tentang teknik dasar pembuatan kerajinan dari bahan Limbah dan mengidentifikasi teknik  pembuatan kerajinan dari bahan Limbah, meliputi: perencanaan, persiapan, pengolahan/ pembuatan serta penyajian dan pengemasannya dengan menerapkan prinsif kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya. Guru memandu tugas peserta didik dengan menyediakan lembar pertanyaan pada tugas 7 (Tugas 7, terlampir). Peserta didik menggunakan referensi dari buku peserta didik dan hasil tugas dari rumah untuk mengerjakan tugas tersebut.
1.    Kelompok peserta didik yang paling cepat menyelesaikan tugasnya diminta melakukan presentasi di depan kelas.Peserta didik lainnya menyimak dan memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi antar peserta didik, melakukan konfirmasi dan menyimpulkan hasilnya.

60 menit
















Kegiatan Penutup

1.    Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.    Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mencari referensi tentang pembuatan kerajinan bahan buatan dari berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual kerajinan bahan buatan atau melalui browsing internet agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
3.    Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni membuat produk kerajinan bahan Limbah buatan dengan mengikuti persyaratan perancangan, dan prosedur pembuatan produk kerajinan, membuat produk kerajinan bahan Limbah buatan dengan teknik yang dikuasainya, jujur dan tanggung jawab dalam berkarya.
4.    Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kondisi kelas ke semula.
5.    Peserta didik membaca do’a dan melakukan salam sesuai budaya sekolah dan mengucapkan terima kasih.
12 Menit


Pertemuan Ketiga (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.    Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca Al-Qur’an.
3.    Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.    Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang kesiapannya dalam pembelajaran, misalnya dengan guru menanyakan tentang kesulitan peserta didik dalam mengerjakan tugas rumah yang telah diberikan oleh guru pada pertemuan sebelumnya.
5.    Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan bahan Limbah alam dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan ketujuh yaitu membuat produk kerajinan bahan Limbah buatan dengan mengikuti persyaratan perancangan, dan prosedur pembuatan produk kerajinan, membuat produk kerajinan bahan Limbah buatan dengan teknik yang dikuasainya, jujur dan tanggung jawab dalam berkarya, .
7.    Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang aktivitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek.
8.    Guru meminta peserta didik mempersiapkan buku peserta didik, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran
8 Menit
Kegiatan Inti
1.  Setiap kelompok peserta didik dengan panduan guru untuk membuat produk kerajinan bahan Limbah buatan dengan mengikuti persyaratan perancangan, dan prosedur pembuatan produk kerajinan untuk:
a)    Menentukan topik kerajinan bahan Limbah buatan yang akan dibuatnya;
b)   Menentukan bahan dasar kerajinan bahan Limbah buatan yang akan dibuat;
c)    Memutuskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan bahan Limbah buatan yang akan dibuatnya;
d)   Menentukan peralatan yang digunakan untuk membuat kerajinan bahan Limbah buatan yang akan dibuatnya;
e)    Menentukan rancangan anggaran belanja dalam membuat kerajinan bahan Limbah buatan yang akan dibuatnya;
f)    Memutuskan pembagian tugas/ kerja kelompok.
2.    Setiap kelompok peserta didik mempresentasikan hasil rancangannya di depan kelas. Peserta didik lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi.
3.    Peserta didik menerima konfirmasi dari guru sebagai bentuk bimbingan proyek secara klasikal serta menyimpulkan hasil diskusi.
60 Menit
Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.    Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan dalam praktik pembuatan kerajinan bahan Limbah buatan sesuai pembagian tugas dari masing-masing kelompok agar dibawa pada pertemuan berikutnya.
3.    Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan Limbah buatan yang dibuatnya.
4.    Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
5.    Peserta didik berdo’a dan melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
12 menit


Pertemuan Keempat (2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan

1.    Guru mengucapkan salam, mengajak peserta didik untuk mengecek kerapihan meja dan kursi serta kebersihan kelas yang dilanjutkan dengan berdoa dengan meminta salah satu peserta didik memimpin doa, peserta didik mengucap salam khas sekolah.
2.    Guru Membimbing peserta didik melaksanakan pembiasaan   rutin menyanyikan Lagu Nasional dan membaca Al-Qur’an.
3.    Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4.  Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru tentang kesiapan mereka untuk pembelajaran praktik membuat kerajinan dari bahan alam, misalnya bertanya mengenai kelengkapan bahan dan alat yang akan digunakan.
5.  Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan kerajinan bahan Limbah buatan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik
6.  Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang cakupan kompetensi pembelajaran pada pertemuan kedelapan yaitu melakukan finishing pada pembuatan kerajinan bahan Limbah buatan yang dibuatnya, membuat rancangan kemasan sesuai dengan produk kerajinan bahan Limbah buatan yang dibuatnya berdasarkan hasil pengamatan berbagai produk kemasan, membuat kemasan produk kerajinan bahan Limbah buatan sesuai hasil rancangannya dengan jujur dan tanggung jawab, mengomunikasikan hasil produk kerajinan bahan Limbah buatan yang dibuatnya dan berani menerima masukkan/kritikan dari guru dan teman sebagai bahan perbaikan.
7.  Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang lingkup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
8.  Peserta didik menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan projek pembuatan aneka ragam kerajinan dari bahan buatan.
8 menit
Kegiatan Inti
Langkah ke-4

Penyelesaian Proyek dengan Fasilitasi dan Monitoring Guru

1.   Setiap kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan dari bahan buatan dengan melakukan kegiatan yang dipandu oleh guru untuk:
a)   Membaca tahapan tentang pembuatan kerajinan bahan buatan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat;
b)   Melakukan persiapan peralatan pembuatan kerajinan dari bahan buatan sesuai dengan rancangan;
c)    Melakukan persiapan bahan-bahan kerajinan dari bahan Limbah buatan sesuai dengan rancangan;
d)  Praktik membuat kerajinan dari bahan Limbah buatan sesuai dengan rancangan dengan menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya; dan
e)   Menyajikan bahan-bahan kerajinan bahan Limbah buatan sesuai dengan rancangan menggunakan kaidah pengemasan yang tepat dengan menerapkan prinsip kepiawaian dalam pengrajinan dalam penciptaan karyanya.
2.         Setiap kelompok peserta didik praktik membuat kerajinan bahan Limbah buatan sesuai dengan rancangan;
3.         Peserta didik dan guru melakukan evaluasi bersama terhadap hasil praktik kerajinan bahan Limbah buatan sesuai dengan rancangan. Peserta didik mencatat semua komentar/masukan dari guru dan temannya sebagai bahan/data yang akan dipergunakan untuk penyusunan laporan.
60 menit

Penutup

1.         Peserta didik melakukan refleksi dengan panduan guru untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.         Kegiatan penutup diakhiri dengan peserta didik menerima informasi dari guru tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yakni penyusunan laporan pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan.
3.         Peserta didik dibawah bimbingan guru mengembalikan kelas ke dalam kondisi semula.
4.         Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah mengucapkan terima kasih.
12 menit

I.      Penilaian
1.  Teknik Penilaian
a.  Sikap (spiritual dan sosial)
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
Observasi
Jurnal


Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for learning and assessment of learning)
Catatan: Jurnal dipergunakan untuk mencatat perilaku luar biasa (positif atau negatif) peserta didik.

b.  Pengetahuan                             
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1.
Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
1.      Siapakah yang bisa menjelaskan bagaimana proses dan teknik pembuatan kerajinan limbah Limbah buatan?
2.      Sebutkan mcam-macam kerajinan yang terbuat dari bahan Limbah buatan?
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
2
Tertulis
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis pilihan ganda dan isian,
1.      Tuliskan yang dimaksud dengan bahan Limbah buatan!
2.      Tuliskan 4 macam bahan untuk membuat kerajinan dari bahan Limbah buatan!
Setelah pembelajaran usai
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
3
Portofolio
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
Carilah cara pembuatan kerajinan dari bahan Limbah buatan, lalu identifikasi sesuai dengan LK.
Saat pembelajaran berlangsung
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment as learning)

c.    Keterampilan                
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Proyek
Tugas/ Praktik
Buatlah satu macam kerajinan dari bahan Limbah buatan dengan modifikasi bahan penujang!
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran, dan Penilaian sebagai pembelajaran (assessment for learning, assessment as learning, and assessment of learning)
2
Portofolio
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek
Buatlah laporan tentang pembuatan kerajinan bahan Limbah buatan yang kalian praktikkan!
Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan



2.         Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.      Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
b.      Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% peserta didikbelum mencapai ketuntasan.
c.      Bimbingan perorangan, jika 1-10% peserta didik belum mencapai ketuntasan.

3.        Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam kerajinan bahan Limbah buatan.

Bandar Lampung, 14 November 2018













PENILAIAN SIKAP
No
Nama Peserta didik
Jenis Tugas :
.........................................................................................................
Kriteria
Kesungguhan
Santun Menghargai
Kerjasama/Interaksi
Peduli
1.





2.





3.





4.





5.





dst





Keterangan:
Rentang Skor : 1 – 5
1 = Belum terlihat
2 = Mulai terlihat
3 = Kadang-kadang terlihat
4 = Sering terlihat
5 = Sudah berkembang baik

PENILAIAN KETERAMPILAN
No.
Nama Peserta didik
Proyek: Pembuatan Kerajinan
Bahan Limbah Buatan
Kriteria
Persiapan
Pelaksanaan
Penyajian/
Penampilan
1.




2.




3.




4.




5.




dst





Rubrik :
Aspek
Kriteria
Rentang
Skor
1 - 4
Bobot
Persiapan
Ide/gagasan karya

30%
Kesesuaian alasan dalam pemilihan ide/gagasan pembuatan karya

Desain perencanaan (persiapan alat, persiapan bahan, perencanaan pelaksanaan/jadwal pembuatan karya
kerajinan bahan Limbah buatan

Pembagian kerja antar anggota kelompok (jika dibuat dalam kelompok)

Pelaksanaan
Kemampuan pembuatan karya/ produk sesuai dengan tahapan kerjanya

50%
Kesesuaian tahapan pembuatan dengan perencanaan produk kerajinan
bahan Limbah buatan

Orisinalitas gagasan, kreativitas/ inovasi pembuatan produk, dan ketepatan hasil akhir karya/produk
kerajinan bahan Limbah alam

Keselarasan pelaksanaan tanggung jawab kerja, jujur, dan mandiri

Kerapian, kebersihan, keamanan dan
keselamatan kerja (K3)

Kemampuan melakukan kerja secara
teliti, detail secara individual

Kerjasama dan toleransi saat bekerja
kelompok

Penyajian/
Penampilan
Kreativitas penyajian produk kerajinan bahan Limbah buatan

50%
Estetika penyajian kemasan

Kemampuan melakukan presentasi

Mengaplikasikan hasil belajar lewat
tindakan perilaku (produk kerajinan
bahan Limbah buatan digunakan)

Rentang Skor: 1 – 4
1 = Kurang; 2 = Cukup; 3 = Baik; 4 = Sangat Baik





Lampiran Lembar Kerja-6 (LK-6)

LK-6 diberikan pada pertemuan 5
Petunjuk
1)   Bacalah BAB I pada Buku Peserta didik kerajinan bahan Limbah buatan
2)   Diskusikan bersama dengan kelompok kalian tentang  mengobservasi produk kerajinan bahan Limbah alam di daerah.
3)   Isilah tabel berikut ini

LEMBAR KERJA-6 (LK-6)
Nama Anggota Kelompok      :
Kelas                                       :
 

Mengobservasi produk kerajinan bahan Limbah buatan di daerah setempat
Nama usaha        :
Nama pengrajin :
Alamat lokasi :
Jenis bahan Limbah buatan:
Proses pembuatan bahan mentah menjadi bahan baku:


Alat:



Teknik pengerjaan:


Proses kerja:


Sketsa produk/foto:
Ungkapan perasaanmu tentang produk kerajinan yang ditemui :
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
Tugas 7
 


Tugas 7 diberikan pada pertemuan ke 6
1.        Buatlah sebuah karya kerajinan bahan Limbah alam atau buatan. Bahan yang digunakan adalah bahan yang terdapat di daerah tempat tinggalmu. Gunakan informasi dari hasil bedah buku sumber/referensi yang kamu dapatkan sebelumnya.
2.        Jenis kerajinan bahan Limbah alam atau buatan yang akan kamu buat dapat memilih dari karya yang ada pada buku siswa atau kamu telah mempelajari kerajinan tekstil yang lain saat melakukan observasi. Lakukanlah hal yang sesuai dengan keinginanmu.
3.        Gunakan informasi dari hasil observasi dan wawancara atau berdasarkan hasil bedah buku sumber/referensi yang telah kamu dapatkan.
4.        Perhatikan tahapan pembuatan produk kerajinan bahan Limbah alam atau buatan.
5.        Mintalah penilaian teman dan gurumu sesuai fungsi produk.
6.        Perbaikilah karyamu berdasarkan penilaian teman dan gurumu.
7.        Buatlah kemasan sebagai karya untuk dipamerkan atau dijual.
8.        Buatlah portofolio yang memuat seluruh tugas, penemuanmu, sketsa-sketsa karya, serta proses berkaryamu yang bisa dijadikan sebagai sebuah buku kerja yang menarik dan penuh estetika (keindahan).

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق