RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/ Semester :
VII/1
Alokasi Waktu :
2X40 Menit
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
3.4 Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan meminta dan memberi informasi terkait nama dan
jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan pesrta
didik sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a and the, plural dan singular)
4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.4.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan persetujuan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.2 Mengidentifikasi
benda-benda yang ada di ruang tidur.
4.4.1
Mengidentifikasi benda-benda yang ada di ruang tidur.
4.4.2
Menyebutkan benda-benda yang ada di ruang tidur.
4.4.3
Menirukan ungkapan, benda ruangannya yang ada di ruang tidur.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dan asosiasi peserta didik dapat
mengidentifikasi, menyebutkan, menghitung nama-nama benda dan menggunakannya dalam
kalimat bahasa Inggris dengan baik dan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial
Menyebutkan/ menanyakan jumlah/lokasi
Strukturteks
Memulai
Menanggapi (diharapkan/diluardugaan)
Unsur kebahasaan
Menggunakan there is and there are
Pernyataan dan pertanyaan terkait
name of the things in our bedroom
Things
in bedroom
1. a
wardrobe : lemari pakaian
2. pillow : dua bantal
3. a
lamp : lampu
4. a mirror : kaca
5. a
dressing table : meja rias
6. a
bed : kasur
7. two bolster :
dua guling
8. a
blanket : selimut
9. 5
dolls : lima
boneka
10. Clock : jam
11. Many books : banyak buku
12. School
equipment : alat-alat sekolah
13. Bookcase : rak buku
14. Desk : meja belajar
15. Photograph : foto
F.
PENDEKATAN,
MODEL PEMBELAJARAN, METODE
Pendekatan :
Scientific Approach
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode :
group work discussion
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
Guru mengucapkan salam kepada peserta didik.
Guru
menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa,
absensi dan buku pelajaran.
Guru bertanya tentang materi sebelumnya
dan mereview (feedback)
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk membangkitkan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa dengan materi yang akan di pelajari (brainstorming)
b.
KegiatanInti (70 ’)
Mengamati (10’)
Guru menampilkan gambar yang
berkaitan dengan materi yang akan di ajarkan.
Guru meminta peserta didik untuk mengamati
gambar dan menanyakan tentang isi gambar.
Peserta didik mengamati gambar.
Guru meminta siswa untuk menuliskan
nama benda yang ada diruang tidur.
Peserta didik menulis nama benda
yang ada di ruang tidur.
Menanya (15’)
Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik menanyakan tentang perbedaan antara cara
menyebutkan dan menanyakan nama benda dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam
bahasa Indonesia.
Mengumpulkan Informasi (15’)
Guru memberikan gambar tentang benda
yang ada di dalam rumah.
Guru
meminta peserta didik menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah benda dalam bahasa
Inggris.
Guru memberikan contoh pengucapan nama dan kalimat tentang benda
yang ada digambar.
Peserta
didik mengikuti dan menirukan pengucapan nama dan kalimat tentang benda yang
ada di gambar dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
Dengan
nama-nama benda yang telah disebutkan peserta
didik, guru meminta peserta didik untuk membuat kalimat tentang benda yang ada digambar..
Mengasosiasi (15’)
Siswa membuat kesimpulan sementara tentang nama benda
yang ada di ruang tidur, jumlah dan lokasi.
Mengkomunikasikan (15’)
Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan
soal. (Terlampir)
Guru memberikan sebuah game mencari kata.
Penutup (5’)
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan tentang materi
yang telah di pelajari.
Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
Guru mengucapkan salam dan menutup pertemuan.
H. Media
Pembelajaran dan Sumber pembelajaran
1.
Gambar
2.
Cardboard
3.
Roda
putar
Sumber pembelajaran:
1.
Suara
Guru, Buku Siswa dan Buku Guru BahasaInggris Kelas VII When English Rings a
Bell. BukuBahasaInggris SMP kelas VII, IntanPariwara.et
2.
http://www.dailybloggerpro.com/2016/07/
I. PENILAIAN
1. Pengetahuan
a. TeknikPenilaian : TesTertulis
b. Bentuk instrument : Uraian
a.
Rubrik
Penilaian Afektif Siswa
No
|
Aspek penilaian
|
skor
|
1.
|
Kejujuran
|
|
2.
|
Kesopanan
|
|
3.
|
Kedisiplinan
|
|
4.
|
Keaktifan
|
|
5.
|
Rasa Tanggung Jawab
|
|
Pedomanpenilaian
A = SangatBaik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
E = SangatKurang
b.
Rubrik penilaian Reading
No
|
Aspek penilaian
|
Skor
|
1
|
Jawaban benar
|
1
|
2
|
Jawaban saah
|
0
|
Pedomanpenilaian
1) Untuk setiap nomor, tiap jawaban benarskor
1
2) Jumlah skor maksimal 10 x 1= 10
3) Jumlah nilai maksimal 10
= nilai siswa
c.
Rubrik Penilaian Writing
Aspek
|
Keterangan
|
Skor
|
Isi
|
Pernyataan
thesis, ide-ide terkait, pengembangan ide-ide melalui pengalaman,
ilustrasi, fakta, pendapat; penggunaan deskripsi, sebab akibat, perbandingan
dan konsistensi fokus.
|
0 – 24
|
Organisasi
|
Efektivitas
pendahuluan, urutan ide yang logis dan kronologis, kesesuaian dan kesimpulan.
|
0-20
|
Sintaksis
|
Deskripsi:Bagaimana
kata-kata disusun menjadi kalimat.
|
0-12
|
Kosa kata
|
Pemilihan
kata-kata yang tepat untuk mengembangkan dan menunjukkan ide.
|
0-12
|
Mekanik
|
Ejaan, tanda
baca, kutipan referensi bila ada, kerapihan dan perwajahan atau penampilan.
|
0-12
|
= nilai siswa
Bandar Lampung, 18 Oktober 2018
ليست هناك تعليقات:
إرسال تعليق