الأربعاء، يوليو 18

MAKALAH PSIKOLOGI BELAJAR TENTANG IQ



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Manusia merupakan makhluk yang diciptakan paling sempurna oleh Allah SWT diantara ciptanNya yang lain, dimana manusia memiliki hati untuk merasakan, naluri dan akal untuk berfikir sehingga manusia menempati posisi yang paling tinggi diantara makhluk yang lain. Dengan kesempurnaanya itu manusia dalam berfikir diberi kualitas serta kecerdasan yaitu seperti kecerdasan IQ, EQ dan SQ yang merupakan kecerdasan berfikir, emosi serta spiritual.
Tingkat kecerdasan seseorang dapat diukur dengan seberapa tinggi tingkatan IQ nya dengan berapa macam cara, namun tingkat kecerdasan seseorang dikatan bagus jika ketiga elemen tersebut saling bekerja sama secara seimbang dan optimal yang terutama diasah adalah kecerdasan spiritual atau SQ sebagai modal pembentuk IQ dan SQ, serta adanya pengelolaan atau usaha untuk terus mengasah ketajaman kualitas kecerdasan manusia yang lebih tinggi.

B. Rumusan Masalah
a. Apa sajakah pembahasan mengenai IQ, EQ dan SQ?
b. Bagaimana Pendekatan Belajar yang Berkaitan dengan IQ, EQ dan SQ?
c. Bagaimana Analisa terhadap ketiga hal tersebut?

C. Tujuan
a. Mengetahui Pengertian dan Komponen-komponen dalam Teori IQ, EQ dan SQ.
b. Memahami Pendekatan Belajar Berdasar IQ, EQ dan SQ
c. Dapat Menganalisis Permasalah yang berkaitan dengan IQ, EQ dan SQ
BAB II
PEMBAHASAN

A. IQ (Intelligence Quotient)
1. Pengertian IQ
Menurut David Wechsler, inteligensi adalah suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Oleh karena itu, inteligensi tidak dapat diamati secara langsung, melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan manifestasi dari proses berpikir rasional itu. Sedangkan IQ atau tingkatan dari Intelligence Quotient, adalah skor yang diperoleh dari sebuah alat tes kecerdasan. Dengan demikian, IQ hanya memberikan sedikit indikasi mengenai taraf kecerdasan seseorang dan tidak menggambarkan kecer

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق